Friday, May 20, 2016

Rekap Google I/O 2016



Yeay Google I/O lagi. Bedanya tahun ini, gw engga jadi MC di Google I/O Extended kaya dua tahun sebelumnya. Karena sudah ga di Jakarta dan ga terlibat langsung dengan Google Developer Group. Pun begitu tidak mengurangi antusias saya untuk ngikutin perkembangan terbaru Google melalui konferensi developer terbesarnya, Google I/O.

Yang beda dari Google I/O tahun ini adalah tempat pelaksanaannya di outdoor, lalu kamu juga bisa nonton live secara 360 derajat di Youtube. Tentu bakal lebih mantap kalo misalnya pake Virtual Reality (VR) headset kaya Cardboard atau Octagon VR Luna yang baru saja gw beli.

Gw coba rekap apa saja yang baru dari Google yang gw pahami di sesi keynote kemarin:

Google Assistant

Since Google mengorganize milirian informasi di internet, Google lebih pintar dari kita menjawab berbagai pengetahuan umum. Misalnya sesimpel ketik "indonesia president" di Google maka dia akan langsung memberikan informasi dalam bentuk kartu atau knowledge card.



Pencarian seperti itu bisa menggunakan voice command dengan Google Now. Di I/O kemarin , Google mengumumkan Google Assistant sebagai upgrade dari Google Now yang lebih canggih. Seperti misalnya Assisant dapat mengerti voice command yang kita berikan secara conversational. Artinya dia akan mengerti konteks dari apa yang kita bicaranya berdasarkan runtutan informasi yang kita berikan. Dia akan mengerti Siapa president Indonesia? "Joko Widodo", Berapa umurnya? "54". Meski tidak disebutkan Joko Widodo, dia akan mengerti bahwa yang kita maksud adalah Joko Widodo.

Kalo kamu pernah tau YessBoss atau Diana, Google Assistant gw rasa akan kaya gitu. Nantinya Google Assistant ini bisa beliin tiket bioskop. Dengan machine learning, artificial intelegence & natural processing technology, tekologi yang awalnya cuma khayalan bisa menjadi kenyataan.

Cek selengkapnya soal Google Assistant di artikel ini atau video ini.

Google Home


Beberapa waktu yang lalu Google mengakusisi Nest, perusahaan yang memproduksi home automation device. Yang gw kagum sama Google, dia pinter mengintegrasikan semua hal dimilikinya. Google Home adalah gabungan dari Cast,  Assistant dan Nest untuk integrated solution di rumah. 

Allo & Duo

Meski bukan jenis produk yang baru apps untuk komunikasi ini tetap menarik. Allo untuk chat text dengan dilengkapi dengan sticker dan menggunakan modul machine learning yang dimiliki Google. Untuk Allo sebetulnya gw masih bertanya kenapa fitur-fitur itu tidak diterapkan di Hangout saja.



Sedangkan Duo adalah simple one-to-one video calling yang cepat, Mirip seperti facetime. Kalo untuk ini saya mengerti kenapa ga dimasukan ke Hangout karena ini lebih simple dan untuk personal use. Kedua aplikasi ini hanya menggunakan nomor telfon seperti Whatsapp .

Android N

Ada beberapa update dari Android N yang lumayan keren. Salah satunya adalah Android Instant App dimana kita bisa mengakses app tanpa install namun dengan experience yang sama dengan native apps. Di Andorid N kedepannya update sistem operasi juga lebih cepat, tidak harus restart seperti sekarang. Ada banyak emoji baru yang represent professional women. Dan kita bisa suggest apa nama dari Android N (jangan lupa cek video keren ini :D)

Juga ada update dari Android Wear 2.0, salah satunya ada standalone application yang dimana penggunaannya tidak memerlukan smartphone lagi.

Virtual Reality

Setelah dua tahun merilis Cardboard, yang menurut gw sukses menjadikan VR viral karena bisa merasakan experience VR dengan murah. Di I/O ini, Google mengumumkan Daydream, sebuah platform untuk mobile virtual reality. Dilengkapi dengan controller dan konten yang lebih banyak menjadikan Day Dream pasti ditunggu-tunggu VR dan Google fan.

Firebase update!


Salah satu product untuk developer yang memberikan signifikan updates di Google I/O ini adlaah firebase. Karena gw belum penjadi pengguna Firebase, jadi gw ga tau banyak. Yang jelas dia rilis analytics dan integrasi dengan Adwords.

Lengkapnya di keynote video berikut


Makin exciting ya! Mudah-mudahan segara bisa dateng langsung kapan-kapan kalo ada rezekinya. Amin..


Designed By Seo Blogger Templates