Monday, March 7, 2016

Carita ti Ngariung Bubuka


Cross-posted dengan blog Sumedang Creative Forum.

Kami dari tim koordinator Sumedang Creative Forum mengucapkan terima kasih banyak utuk semua pihak yang mendukung terselenggaranya Ngariung #1 yang pertama kali diselenggarakan di Lazy Very pada 18 Februari 2016 kemarin.
Terbentuknya Sumedang Creative Forum berawal dari kami yang merasa bahwa setiap anak muda harus dapat berkontribusi ke daerahnya dalam apapun bentuknya. Karena kami memiliki latar belakang di bidang kreatif, akhirnya kami memberanikan diri untuk membuat inisifatif ini.
Kegiatan diawali dengan perkenalan dari perwakilan komunitas yang hadir. Perwakilan komunitas dan individu yang hadir kurang lebih 50 orang. Untuk sebuah permulaan, Ngariung #1 kami rasa terselenggara dengan cukup baik. Setidaknya kami bisa kembali berkumpul dengan anak muda Sumedang yang tertarik dan ingin mengembangkan bidang kreatif di Sumedang, saling berdiskusi dan memberi ide.
Creative people yang kami ajak share di Ngariung kali ini adalah Kang Rangga Wiangga, owner Madman Wear. Salah satu brand clothing di Sumedang yang terus berinovasi. Ada juga Kang Krisna Setiawan sebagai perwakilan dari Komunitas Hobi Foto Sumedang. Dan Winda A.G, seorang mahasiswa Karawitan STSI yang sudah mendalami seni tradisional Sunda sejak kecil.
Dari Kang Rangga yang seorang creativepreneur, kita meyakinkan bahwa berkarya juga bisa menghidupi kita. Dan berbisnis itu bukan soal punya modal berapa banyak, tapi soal pola pikir dan keberanian. Jangan sia-siakan jika ada peluang di depan mata!
Dari Kang Krisna, kita diingatkan kembali soal pentingnya passion dalam berkarya. Meski menempuh pendidikan IT, tapi Kang Krisna memberanikan diri ‘belok’ ke bidang fotografi yang lebih diminatinya.
Konsistensi Winda di seni tradisi memberikan inspirasi untuk kita. Bahwa apapun yang kita lakukan secara konsisten, meski skalanya kecil, akan memberikan dampaknya berarti.

Insight bermanfaat tidak hanya didapat dari creative people yang hadir sebagai narasumber, tapi dari perwakilan komunitas kreatif yang hadir. Yang paling selalu teringat bahwa perubahan baik hanya akan tercapai dengan cepat ketika setiap dari kita berkontribusi dan saling berkolaborasi. Kolaborasi tidak harus terpaku pada ‘label’ dimana kita berpijak, fokuslah kepada visi dan apa yang kita lakukan untuk Indonesia, dimulai untuk Sumedang.
Terima kasih kepada Lazy Very, Madman Wear, Media 3 dan eRKS yang telah mendukung terselenggaranya Ngariung #1. Sampai jumpa di Ngariung selanjutnya!


Designed By Seo Blogger Templates