Sunday, December 27, 2015

The good life is built with.. good relationship


Another insight dari videonya TEDx. Soal kehidupan dan bagaimana kita memaknainya. Judul dari videonya adalah "What makes a good life? Lessons from the longest study on happiness". Robert Waldinger adalah director Harvard Study of Adult Development. Beliau adalah generasi ke-4 dimana researchnya sudah berjalan selama puluhan tahun dan salah satu research terlama yang pernah dilakukan sepanjang sejarah.



Dari research yang panjang, beliau menyampaikan 3 point penting mengenai pelajaran dari hasil reseachnya mereka.

  1. Social connection sangat bagus untuk membuat kita lebih happy dan lebih sehat secara psikologi maupun fisik. Jika dibandingkan dengan orang-orang yang lebih isolated, yang social connectionnya bagus pasti lebih senang hidupnya. Nah makanya penting untuk membuat social connection positif dengan community sesuai dengan minat kita.
  2. Quality of close relationship is matters. Hubungan dengan keluarga dekat seperti dengan orangtua, istri dan anak menentukan seberapa bahagia hidup kamu. Sudah terlihat jelas gimana dampak dari keluarga yang kurang harmonis terhadap kebahagiaan anaknya. 
  3. Good relationship protect our body and brain. Sudah dibuktikan dengan hasil researchnya Havard Study ternyata kebahagian berada di lingkungan yang memiliki relationship bagus, berdampak langsung secara fisik. 
Jadi selalu jaga keseimbangan relationship yang bagus dengan keluarga, teman dan komunitas/masyarakat sekitar.

Konsep ini juga sejalan dengan yang konsep Islam mengenai hubungan antar sesama manusia (habluminannas) seperti yang diterangkan dalam QS Al-Hujurat ayat 10 dengan penggalan terjemahan. “Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu..."

The good life is built with good relationship!


Designed By Seo Blogger Templates