Sunday, November 1, 2015

Tata Rupa: Dimana Designer Keren, Ngebantu Rebranding UKM



Mungkin lo udah sering banget lah ngedenger beta dunia perUKMan di Indonesia ini tetap menjadi sektor yang sexy. Meski mereka kecil, tapi jumlahnya luar biasa banyak. Kecil-kecil juga mereka adalah yang tetap bertahan saat Indonesia bahkan dilanda krisis luar biasa.

Banyak upaya yang dilakukan oleh banyak pihak untuk terus memperkuat UKM, seperti yang dilakukan Google di Indonesia dengan bikin inisiatif yang disebut dengan GAPURA. Sebuah konferensi yang mengajak UKM untuk memanfaatkan berbagai fasilitas online untuk memperluas pasarnya. Kini GAPURA menjadi komunitas yang setiap bulannya menyelenggarakan meetup yang membahasa berbagai topik online secara lebih intensif.

Seorang ibu sedang presentasi produknya di Tata Rupa Kreavi 2015

Kreavi.com, sebagai platform yang menjaring designer hebat dari seluruh Indonesia, juga mengambil peran untuk membantu UKM di Indonesia, khususnya di Surabaya, untuk membantu rebranding produknya mereka. Dimulai dari logo hingga kemasan. Kegiatan workshop yang dilaksanakan selama 3 hari ini bekerjasama dengan gerakan Pahlawan Ekonomi.

Seorang ibu presentasi produk bunganya kepada para designer Tata Rupa Kreavi

Semua designer yang hadir di kegiatan tersebut dikurasi dan dipilih, tidak semua designer yang mendaftar bisa berkesempatan membantu UKMnya Pahlawan Ekonomi. Ko kayanya susah banget ya mau bantu aja harus diseleksi, padahal semua designernya itu membantu secara probono, alias full volunteering. Tapi justru ini menunjukan keseriusan Kreavi dalam program ini.

Designer lagi ngobrol sama designer Tata Rupa Kreavi

Para UKM dan Designer di hari pertama diberikan kesempatan untuk networking dan match making. Ada yang UKMnya pilih designer dan vice versa. Kalo sama-sama suka, baru mulai masuk diskusi produknya mau diapakan.

Ibu ini presentasikan produk bonek-bonekaannya di Tata Rupa Kreavi

Karena kegiatannya dilaksanakan di coworking Forward Factory tercinta, saya berkesempatan ngobrol dengan beberapa pemilik UKM dan designer yang passionate terhadap project yang sedang mereka kerjakan bersama.

Oh ya, produk yang setelah proses rebranding ini bakal ditampilkan di Basha Market loh, popup market yang paling hipster di Surabaya! Luar biasa..

Semangat yang dibawa oleh Tata Rupa adalah semangat berkarya dari para designernya yang tergabung, dan juga semangat dari UKM yang ingin bertumbuh ke level yang lebih baik. Gw juga ga mau kalah ah sama mereka untuk terus berkarya, ayo!

Thanks buat Imagine untuk dokumentasinya dan video liputannya. Luar biasa!





Designed By Seo Blogger Templates