Monday, November 9, 2015

Kenapa Khutbah Jumat Membosankan?


Mungkin judulnya begitu terdengar kasar dan kurang ajar, tapi gw tetap muslim dan percaya dengan agama ini. Ya meskipun imannya sering turun naik - namanya juga manusia kan ya.

Hari jumat adalah hari yang baik, di hari itu setiap dari kita diwajibkan untuk berkumpul dengan saudara-saudara kita yang lain di Masjid, untuk shalat Jumat. Setidaknya yang gw paham, shalat jumat itu baik untuk menjalin silaturhami dan pengingat kita akan kefanaan dunia. Tapi buat gw, manfaatnya tidak begitu terasa. Silaturahminya ga begitu terasa karena mungkin tidak ada aktiftas yang bikin kita engage dan berkomunikasi secara intensif dengan saudara yang lain (terlebih buat yg belum kenal). Atau mungkin gw-nya aja yang ga ngerti caranya.

Setiap pulang dari Masjid, jarang banget gw merasa lebih termotivasi dalam kehidupan dunia atau misalnya ga sabar untuk kembali menghadiri shalat jumat. Waktu masih kerja di Bandung, gw punya Masjid langganan yang beberapa kali khutbahnya sangat gw suka, dan ustadznya gw tunggu-tunggu. Tapi itu langka!

Kembali ke pertanyaan sebelumnya, Kenapa Khutbah Jumat Membosankan? Kalo gw pribadi, gw lebih suka penyampaian yang tidak monoton, serta kontennya relevan dengan situasi kondisi saat ini. Lalu harus bisa seimbang antara pengingat dunia dan akhrat. Sehingga balik dari Masjid lebih on fire.

Cara khutbah jumat yang sekarang mungkin sudah menjadi aturan dan turun temurun dari ratusan tahun sebelumnya. Tapi gw rasa tetep harus ada upaya supaya penyampaian pesannya tetep efektif diterima oleh pendengar.

Mudah-mudahan gw ga hanya mengkritik saja, kalo gw diberikan kesempatan untuk khutbah jumat, gw harus bisa menjadi seperti yg gw inginkan saat ini. Amin.

Lalu apa solusinya? Kalo solusi yg gw coba sampai saat ini adalah mencari konten islami yang dibutuhkan sesuai dengan style yang gw suka. Gw pilih YouTube sebagai solusi dari kebutuhan siraman rohani yang lebih ngepop.

Channel yang rekomendasi dari gw adalah The Daily Reminder, Islam Guidance dan Talk Islam.  Channel-channel tersebut adalah yang regular upload konten berkualitas mengenai kehidupan Islam. Dengan ngikutin kontennya mereka, kita juga sekaligus ikuti perkembangan Islam di negara lain seperti UK, US dan Australia.

Jadi apa pendapat dan solusimu untuk "Kenapa Kutbah Jumat Membosankan?"

Thumbnail: merodja.blogspot.co.id


Designed By Seo Blogger Templates