Tuesday, November 10, 2015

Belajar skalabilitas dan kolaborasi dari Google


Kalo ngomongin soal internet, semua orang pasti tahu Google adalah dewanya. Gw sih udah jelas ya Google fanboy banget! Apalagi ketika terpilih jadi salah satu Google Student Ambassador beberapa waktu yang lalu. Gw selalu excited dengan berbagai hal soal Google, hampir fanatik. Google ibarat kiblatnya teknologi. Berbagai inovasi yang dibikin selalu bikin gw meleleh.

Ada beberapa hal penting yang perlu gw bagikan mengenai apa yang bisa kita perlajari dari Google, yaitu soal skalabilitas dan kolaborasi.

Produk pertama yang dibikin oleh Google adalah Search. Setelah sukses dengan Search, beberapa produk untuk online advertising dan email, makin memperkuat reputasi Google sebagai perusahaan teknologi dunia.

Sampai hingga trend smartphone meningkat, Google melirik hal ini bahwa smartphone akan menjadi the next big thing. Android adalah open-source operating system yang diinisiasi oleh Andy Rubin pada 2003, hingga akhirnya Google mengakusisi Android pada 2005.

Di tangan Google, tentu Android 10x lebih cingcay daripada sebelumnya. Andorid sekarang kecenya luar biasa. Gw masih pake Nexus 5 yang dibikin dengan standarnya Google dan masih tetep nyaman pakenya.

Kalo sekelas Google sih, sebetulnya dia bisa bikin smartphone (hardware+software) semuanya sendiri. Tapi dia ga so soan bikin semuanya sendiri. Karena dia sadar kekuatannya. Dia udah kuat di software/ platform. Ya dia maksimalkan disitu. Daripada bikin sendiri, lebih baik dia kolaborasi. Dengan strateginya seperti itu, Android menjadi operating system yang digunakan oleh 80% smartphone di dunia.

Kalo Google bikin product, dia tuh selalu bikin yang scalable. Misalnya dia bikin Gmail dan Google Apps. Dia bikin produk general seperti itu tapi bisa diapply ke berbagai segmen seperti ke edukasi maupun ke enterprise.

Nah dua hal itu yang menurut gw penting diinget dari Google. Mudah-mudahan kalo kita ikutin caranya dia, kita bisa bikin produk sesukses Google. Amin

Thumbnail: cdn-www.xda-developers.com


Designed By Seo Blogger Templates