Sunday, April 5, 2015

The First Google Developers Summit Indonesia



Jadi sehabis acara ITB InMove hari minggu di Bandung, hari selasanya anak-anak Kibar ada event Google Developer Summit yang pertama kali dibikin di Indonesia.

Acara untuk developer dari Google yang mungkin temen-temen tahu adalah DevFest yang diselenggarakan oleh Google Developer Group. Menurut saya DevFest emang ga begitu niche, sehingga bahasannya pun tidak terlalu developer, hanya bahasan permukaan saja. Nah beda dengan kegiatan yang diinisasi oleh developer relationnya Google ini.

Dari awal mereka sangat strict untuk kepesertaan. Supaya dipastikan yang hadir memang berasal dari perusahaan developer app, terutama Android. Karena yang dibahas akan lebih banyak dioptimasi pengembangan di platform Android.

Pembicaranya pun adalah Googler dari berabagai negara, bahkan didatangkan langsung dari Mountaint View. Selain bentuknya seminar seperti biasa ada juga sesi codelab, yaitu workshop yang dibimbing langsung oleh tim developernya Google. Sialnya sesi ini ga berjalan dengan baik, kacau! Karena internetnya down mampus. Sampe dari kita harus panggil bagian managementnya itu salah satu provider internet.


Kalo biasanya kegiatan developer diidentikan dengan serius, sedangkan museum untuk jalan-jalan sambil belajar. Nah, Google Developer Summit bisa menggabungkan hal itu. Yap, kegiatan ini dibikinnya dimuseum. Anti mainstream kan!


Secara keseluruhan alhamdulillah acaranya lancar (kecuali internet) dan materinyapun menurut saya pribadi bermanfaat sekali untuk para developer.


Designed By Seo Blogger Templates