Sunday, April 5, 2015

Kuliah Nyasar: MBA ITB - Knowledge Management for Innovation


Hubungan Kibar dengan beberapa kampus terjalin sudah cukup lama sejak menjalankan program Google for Education. Salah satu kampus yang hubungannya terjaga hingga saat ini adalah ITB. Meskipun hingga saat ini sebetulnya secara keseluruhan ITB belum Gone Google tapi setidaknya SBM ITB sudah.

Dekorasi di ruang tunggu SBM ITB Jakarta, Googley pisa euy!
Hubungannya Kibar dengan ITB semakin terjalin intensif juga karena adanya kerjasama mata kuliah Tech Based Business yang terselenggara tiap hari jumat. Nah ternyata selain di Bandung, ITB juga kampusnya ada di Jakarta. Kampusnya lebih kecil dan lebih ekslusif gitu, kayanya dua kali lebih mahal deh kalo kuliah di sini. #eehh

Beberapa minggu sebelum saya berkunjung ke kampusnya, saya dicontact oleh salah satunya timnya MBA ITB Jakarta untuk minta dihubungkan dengan Googler yang bisa ngisi sebagai dosen tamu yang bisa menyampaikan mengenai UKM. Karena produk yang lagi hot di Google adalah Google Bisnisku, yang juga untuk UKM, maka yang paling cocok untuk ditawari ngisi adalah Mbak Mira Sumanti, selaku Product Marketing Manager SMB untuk Google Indonesia.

Jadi saya ceritanya nyasar ke sini untuk sebagai bridging aja antara ITB dan Mbak Miranya. Ga enak kan kalo sebagai connector kalo ga hadir. *padahal supaya ada alasan keluar kantor #ehh

Jadi sambil nunggu kelasnya dimulai, saya dan Mbak Mira nunggu di loungenya kampus. Wah ini sih sudah kaya restoran ala-ala, bukan kaya kantin kampus.


Jadi ini mata kuliah adalah Knowledge Management for Innovation, mahasiswanya adalah tingkat pertama S2 MBA yang 80% dari mereka adalah mahasiswa terusan dari S1 langsung, alias ga kerja ato cuti dulu. Tapi hampir semua dari mereka sudah running bisnis sendiri.

Sedikit cerita soal Mbak Miranya, dia itu lulusan The Hague University of Applied Sciences di Belanda. Mbak Mira ngambil program Bachelor  untuk European Studies. Selama kuliah pernah magang di Adidas sampai akhirnya full time setelah lulus. Sebelum pindah ke Google, jabatan terakhirnya adalah Global Digital Marketing Manager. Global men! Kebayang ga sih lo..

Mengawali kelasnya
Untuk mengawali kelasnya, Mbak Mira cerita soal pengalamannya selama di Belanda. Dan ngerasain bedanya waktu di sana dan di Indonesia. Beda banget kalo soal searching data UKM di internet terkadang ga akurat, sesimpel alamat, jam buka dan tutup. Nah makanya lewat project Google Bisnisku yang sedang dikerjakannya, Mbak Mira berusaha untuk memecahkan permasalahan tersebut.

Mahaiswanya ga terlalu banyak, ideal banget untuk belajar
Dari keseluruhan kelasnya yang mengasyikan, setidaknya ada 3 point penting yang disampaikan oleh Mbak Mira. Yaitu soal customer knowledge, market knowledge & industry knowledge. Dari masing-masing point itu juga dijelaskan tools dari Google yang bisa dimanfaatkan. Yaitu Google Bisnisku, Google Trend dan Analytics.

Saya ikutan seneng juga ketika Mbak Mira mendemokan tools tersebut, mahasiswanya kaya amaze banget gitu!

Oh ya tambahan aja nih. Dari sosoknya yang humble dan smart ini, Mbak Mira juga seorang DJ yang jago. Wah balance deh antara kerjaan da hobinya.


Sampai jumpa di kuliah nyasar berikutnya!


Designed By Seo Blogger Templates