Sunday, April 5, 2015

Conclave: Cozy Coworking Space


Yang saya tahu, trend startup kian hari semakin menguat. Setidaknya untuk saya pribadi, di Kibar saja sejak diinisiasi program Innovative Academy, ga lama kemudian kita merilis program Start Surabaya dan mata kuliah Tech Based Business. Nah seiring bertumbuhnya ekosistem startup seperti ini, hal yang dibutuhkan adalah tempat. Ya! Coworking space.

Kalo baca dari Wikipedia, term coworking mulai muncul pada tahun 2005an. Konsep coworking ini adalah sebuah gaya baru dalam bekerja dimana sekelompok orang berbagai lingkungan kerjanya. Dan biasanya sekelompok orang itu bukan berasal dari satu organisasi/perusahaan yang sama. Tempat kaya gini menjadi alternatif untuk para freelacer atau yang kerjanya remot untuk tidak terus-terusan terisolasi di rumah atau pindah-pindah cafe untuk kerja.


Di US, coworking semacam itu udah banyak banget, atau setidaknya sudah ada puluhan yang paling top di sana. Dari segi bisnis, service menyewakan space seperti ini ternyata cukup menjanjikan, lihat saja bagaimana WeWork kini menjadi perusahaan yang bernilai $5B.


Di Indonesia sendiri semakin banyak coworking space yang bermunculan, setidaknya ada hampir 15 coworking space. Yang paling aktif mungkin HubBud. Terus kalo berdasarkan data dari Ziliun, coworking space pertama itu HackerSpace Bandung. Kibar juga punya coworking space dong, namanya Forward Factory yang digunakan untuk kegiatan Start Surabaya.

Numpang naris lah meski lusuh abis event GAPURA langsung ke sini
Saya pribadi sih baru pernah berkunjung ke Jogja Digital Valley, Co&Co Bandung dan Conclave. Nah Conclave sejauh ini yang paling bikin saya betah. Interior, furniture dan lighting di sini bikin nyaman untuk kerja. Kayanya bakal sering-sering ke sini deh. Soalnya kantor punya acess card untuk ke sana. hehe


Kalo yang mau membership Conclave silahkan loh, affordable ko dan worth it banget. FYI: Kemarin Google juga bikin acara Hack for Impact di sini.


Designed By Seo Blogger Templates