Saturday, February 7, 2015

Mengejar Beasiswa 5 Benua



Salah satu buku yang membuat saya kembali bersemangat ketika pernah menghadapi kegagalan adalah trilogi Negeri 5 Menara. Saya pernah baca buku ini kalo tidak saat masa-masa terakhir saya di tingkat SMK. Inti yang saya dapatkan adalah bahwa ketrbatasan itu jangan dijadikan hal yang ngeblok mental kita untuk mencapai hal yang besar. Karena kuncinya ada pada Man jadda wajada!

Saya begitu terkesan dengan cerita buku itu dan kagum juga sama penulisnya yang memang sebagian besar cerita dari buku ini diambil dari pengalaman Ahmad Fuadi. Setelahnya, saya beberapa kali mengiikuti bukunya yang lain seperti Menjadi Guru Inspiratif dan buku yang paling baru saya baca, yaitu Beasiswa 5 Benua. Apa saja yang menarik dari buku tersebut?

Design buku yang elegan
Berbeda dengan buku-buku A. Fuadi sebelumnya dengan design yang biasa. Kali ini bukunya dibuat sangat color full sehingga ga bosen untuk dibaca.

Format FAQ
Pembagian bab buku ini juga dibuat berurut seperti halnya saat akan mendaftar beasiswa. Seperti dimulai dari research, pendaftaran, wawancara hingga setelah diterima beasiswa. Selain pembagian seperti itu, tiap bagiannya dipisahkan dalam bentuk pertanyaan, mirip seperti FAQ di website-website.

Informasi beasiswa lintas negara dan tips
Pada buku ini juga dibahas beasiswa dari tiap negara dan harus kemana ketika kita ingin cari tahu lebih banyak soal beasiswa tersebut. Yang terpenting dari informasi tersebut adalah tips dan trik dari A. Fuadi yang memang sudah terbukti sebagai pengejar beasiswa dan pernah meraih 10 beasiswa.

***

Bahasan soal beasiswa dalah hal yang menarik buat saya. Meski saya sekarang sudah bekerja dan kuliah sambil kerja, tapi saya tetep yakin bahwa suatu saat saya bisa dapet beasiswa seperti itu.

Di cricle saya lumayan banyak banget yang juga para pemburu beasiswa, misalnya Ahmad Arib yang bahkan sudah pernah bikin buku soal beasiswa. 
Dikasih bukunya sama Arib waktu summit Google Student Ambassador

Dan juga temen-temen di Google Student Ambassador yang ga kalah aktifnya dalam mengejar berbagai kesempatan seperti beasiswa. Salah satu tokoh yang saya ikuti blognya adalah Made Andi Arsana (sekarang ketua international office di UGM), yang sering share soal beasiswa yang pernah didapatkannya.

Kamu juga mau mengejar beasiswa 5 benua? Good luck!


Designed By Seo Blogger Templates