Sunday, January 11, 2015

6 Hal Baru Yang Saya Alami di Tahun 2014

Selamat tahun baru, yeay! Meski 2015 sudah berjalan selama seminggu lebih, tapi ga ada kata terlambat untuk nulis review apa yang sudah dicapai selama tahun 2014. Ya gimana, baru ada mood untuk nulisnya hari ini. Tahun ini luar biasa berkah, banyak hal baru yang luar biasa merubah banyak hal dalam hidup saya, seperti..

Pindah ke Jakarta
Banyak banget gedung tingginya

Kalo dulu cuma denger istilah Ibu kota lebih kejam dari Ibu tiri, sekarang saya sudah pernah merasakannya. Di Jakarta lebih panas berkali lipat, malam hari tanpa AC sumpah gerah banget. Kalo pas di Sumedang, pake selimut tebel malem hari malah nyaman.

Segala macam harga kebutuhan di Jakarta lebih mahal, kebiasaan konsumtif saya ga bisa dibiarkan begitu saja kalo di Jakarta, bisa-bisa kehabisan uang.

Kalo ngomongin Jakarta, ga lengkap kalo ga bahas soal macet. Saya akhirnya bisa mengerti gimana stress dan keselnya orang-orang menghadapi macetnya Jakarta. Macet adalah bagian hidup orang Jakarta!

Kalo boleh milih, sebetulnya saya tetap ingin di Sumedang, tidak jauh dengan keluarga. Sehingga bisa nemenin adik ngerjain PR, atau sesimpel mendengarkan cerita sehari-hari dari mamah. Tapi ya mau gimana, pembangunan Indonesia yang ga merata membuat Jakarta lebih menjanjikan daripada harus tetap di kampung halaman.

Jakarta punya banyak kesempatan yang bisa diambil, dan saya ga nyesel di awal tahun 2014 memutuskan untuk pindah ke Jakarta!


Luar Negeri Pertama
Itu whale sharknya!

Bersyukur banget akhirnya bisa menginjakan kaki ke negeri orang. Walau hanya Singapore (hanya transit) dan Philippines, tapi setidaknya passport sudah pernah di cap di negeri orang. Hehe

Luar negeri pertama saya untuk menghadiri Google Student Ambassador (GSA) Summit 2014 di Cebu, Philippines. Seru banget! Di sana saya share mengenai setahun kegiatan saya menjadi GSA. Sisanya lebih banyak main sana, sini. Yang paling seru berenang sama whale shark!


Bigger Project, Bigger Network
Panelis Google for Education Indonesia Summit

Ini yang sepertinya ga mungkin saya dapat kalo hanya diem di Sumedang. Kesempatan untuk terlibat dalam project skala internasional dan network yang lebih luas.

Sebut saja project besar yang saya terlibat sejak awal tahun yaitu GAPURA, Lentera, Google for Education Indonesia Summit, Google for Entrepreneurs dan buanyak yang lainnya.

Lewat project-project itu saya bisa berjejaring dengan banyak pihak seperti Google, Acer, Dinas Pendidikan, Pemerintah Kota dan bahkan sampai bisa ketemu Menteri Kominfo yang baru.


More Travel
Surabaya barat dini hari

Tahun ini banyak banget kota yang baru pertama kali saya singgahi, kota Semarang dan Surabaya misalnya. Bahkan tahun ini bisa dapet kesempatan untuk menjamahi kota Ambon manise.

Jogja, Semarang dan Surabaya adalah kota dalam setahun ini setidaknya saya kunjungi dua kali, untuk project besar yang Kibar kerjakan, yaitu GAPURA dan Lentera.


More Read, More Write
more read, more write

Tahun 2014 adalah tahun paling produktif buat saya untuk menulis dan membaca. Saya pernah membuat resolusi untuk lebih banyak menulis dan membaca di tahun 2013. Senangnya bisa ada progress yang signifikan dan konsisten. Pada tahun 2014, saya menulis 38 post di blog ini. Dan berhasil menghatamkan buku setidaknya 1 buku dalam 1 bulan.

Ini bisa terwujud karena lebih banyak cerita yang bisa saya tulis. Jika dibandingkan dengan ketika bekerja di Bandung, yang sehari-harinya hanya ngoding, ga ada cerita yang menarik yang bisa dibagikan ke banyak orang.


Disrupt Mindset

Tahun 2014 pindah ke Jakarta, dengan pekerjaan baru, lingkungan baru dan orang-orang baru. Di lingkungan yang baru ini, banyak pemikiran saya yang salah. Di lingkungan yang baru ini, saya menjadi open minded menerima berbagai pemikiran, tapi tetap dengan filter tentu saja. Saya kini lebih melihat banyak hal dari berbagai sudut pandang.

Banyak mindset baru yang musti  direnungi, terutama yang saya baca di Ziliun.

 
  


Designed By Seo Blogger Templates