Sunday, January 25, 2015

4 Jenis Konsumen Muslim. Kamu yang mana?


Islam buat saya adalah best practices pedoman hidup sejak berabad-abad yang lalu. Namun kadang banyak nilai-nilai yang sering menjadi kontroversi hati karena dianggap tidak sesuai dengan zaman sekarang. Kontroversi itu datang dari non muslim dan bahkan dari muslimnya sendiri.

Islam itu hanya satu, satu tuhannya, satu kitabnya. Justru kitalah yang berbeda-beda. Di akhir tahun 2014 saya menuntaskan untuk membaca buku "Marketing to the middle class muslim" karya Yuswohady. Buat saya judulnya sangat menarik, karena sesuai dengan fakta bahwa semakin banyak brand yang mentarget segmen tersebut. Misalnya brand e-commerce berry benka yang membuat sub brand hijabenka khusus untuk muslimah.

Nah dari buku tersebut saya jadi tahu 4 jenis konsumen muslim berikut.

Apathis "Emang gue pikirin?"
Jenis konsumen ini cenderung mempunyai pengetahuan, wawasan, tingkat ekonomi dan nilai kepatuhan yang rendah. Serta tidak memiliki pemahaman yang cukup mengenai produk dengan proposisi islam. Jenis ini tidak perduli apakah produk tersebut bermuatan nilai islam atau engga. Biasanya harga yang murah cenderung menjadi faktor yang utama untuk pengambilan keputusan mereka membeli suatu produk.

Rationalist "Gue dapet apa?"
Beda dengan jenis Apathis, jenis konsumen Rationalist memiliki pengetahuan yang cukup baik, open-mided dan berwawasan global. Tetapi memiliki kepatuhan pada nilai islam yang lebih rendah. Segmen ini sangat kritis dan pragmatis utk memilih produk berdasarkan perameter kemanfaatanya. Dalam membeli suatu produk jenis ini mengesampingkan aspek ketaatan pada islam. Nilai islam bukan konsider penting mengambil keputusan pembelian.

Comformist "Pokoknya harus Islam"
Kalo jenis conformist ini sangat taat beragama dan menjalankan nilai-nilai islam. Tetapi cenderung memiliki keterbatasan wawasan dan sikap yang konservatif/tradisional. Kurang membuka diri terhadap nilai di luar islam, terutama nilai-nilai barat. Dalam mengambil keputusan, cenderung untuk memilih produk yg berlabel islam atau diendorsed oleh otoritas Islam. Bisa dibilang ini konsumen yang fanatik terhadap islam.

Universalist "Islam itu lebih penting"
Memiliki pengtahuan/wawasan luas serta teguh menjalankan nilai-nilai islam. Berpola pikir global dan melek teknologi. Cenderung lebih mau menerima perbedaan dan menerima perbedaan prang lain. Toleran, open-mided, dan inklusif terhadap nilai-nilai di luar islam. Biasanya ini adalah jenis konsumen muslim yang well educated dan tinggal di perkotaan.

Keempat jenis konsumen muslim tersebut saya rasa penting diketahui, apa lagi untuk yang mau berbisnis dan mentarget segmen menengah muslim. Jadi kamu adalah jenis konsumen muslim yang mana?

Thumbnail photo by: patheos.com


Designed By Seo Blogger Templates