Sunday, November 9, 2014

Finally, BSI has Gone Google


Sebelum gabung sama Kibar, saya tahu kalo misalnya Kibar juga adalah salah satu partner Google untuk program Education Go Digital di Indonesia yang dimanage oleh Mbak Pepita Gunawan. Pas pertama kali masuk di Kibar sebetulnya saya sangat tertarik untuk masuk ke tim yang ngurusin program ini, tapi ternyata baru dikasih kesempatan baru beberapa bulan kebelakang.

Program Education Go Digital adalah inisiatif dari Google untuk mendorong pendidikan di seluruh dunia dengan memanfaatkan teknologi. Yang Google lakukan untuk program ini adalah membantu sekolah dan universitas dalam tiga hal, yaitu Access (infrastruktur dan co-investent dalam peningkatannya, Apps (Google Apps for Education) dan Support (dukung berupa training maupun online resource untuk access dan apps).

Sebagai partner, yang kami kerjakan di program ini adalah membantu kampus dalam tahap deployment atau pemasang apps hingga membantu sosialisasinya di kampus dan pelaksanaan launching. Ga mudah ternyata, terutama jika berkomunikasi dengan rekan-rekan di kampus karena harus menyesuaikan dengan jadwalnya mereka. Selama pegang program ini, yang sudah launching adalah Universitas Negeri Lampung (UNILA), Universitas Islam Negeri Syarifhidayatullah (UIN Jakarta) dan Bina Sarana Informatika (BSI). Yap termasuk BSI, karena judulnya soal BSI, jadi saya mau bahas spesifik dulu soal BSI.

Respon Yang Baik

Audiensnya banyak

BSI adalah salah satu kampus batch kedua yang diapproach oleh Google untuk program ini melalui kegiatan Education Leader Summit di berbagai kota besar di Indonesia termasuk Jakarta tentunya. Kampus batch ini adalah Universitas Tarumanegara (UNTAR), Universitas Mercu, Esa Unggul dan lainnya.

BSI jadi salah satu yang melanching aplikasi dan cepat deploymentnya. Bukan ada maksud tertentu karena saya ngampus di sini. Tapi lebih kepada response dari BSInya yang sangat baik. Saya awalnya ga begitu yakin responsenya akan seperti ini. Eh ternyata kepala IT nya sangat open minded dan akhirnya sepakat launching saat orientasi mahasiswa baru.

Panggung Megah & Ketemu Pak Naba

Noh sepanggung ama Pak Naba

Ini panggung terbesar yang saya naiki dengan jumlah audiensi yang sangat banyak. Bangga juga sih launchingnya Google Apps bisa dibikin semegah ini. Layar super besar di belakang bikin suasana kaya konser di RCTI #eaahh

Dari dulu banget saya pengen ketemu dengan yang namanya Pak Naba, direktur sekaligus salah satu pendiri BSI. Akhirnya lewat kegiatan ini saya bahkan bisa sepanggung langsung.

BSI has Gone Google, Terus?

Penampakan email dengan logo kampus

Ya karena sudah menggunakan Google Apps for Education, mahasiswa BSI akan dapet email dengan domain @bsi.ac.id dengan kapasitas penyimpanan yang unlimited (hampir 5 Tera lebih). Ga hanya email, tapi juga bisa pake Google Drive untuk penyimpanan dan untuk membuat dokumen berkolaborasi secara langsung.

Silahkan cek di portal mahasiwanya di bagian home, akan ada email kamu beserta password defaultnya. Email saya sutisna0105@bsi.ac.id, nah biasanya format emailnya adalah namadepan, tanggal lahir dan bulan lahir. Passwordnya tanggal lahir lengkap. Selamat mencoba ya!

Untuk saya, ini adalah permulaan dari PR yang masih banyak untuk membantu kampus di Indonesia memanfaat tools gratis dari Google ini. Mudah-mudahan diberikan kekuatan dan kelancaran. Amin.


Designed By Seo Blogger Templates