Sunday, November 9, 2014

Alpha Leap: 2 Weekends for Building Startup


Sekarang trend startup digital semakin meluas dan mempengaruhi banyak hal. Bahkan Google Developer Group (GDG) dan Google Business Group (GBG) pun kabarnya akan lebih memfokuskan aktifitasnya menuju ke pengembangan ekosistem startup.

Kalo dulunya meetup GDG lebih banyak bahas soal produk Google terbaru apa yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan aplikasi, kini lebih spesifik diarahkan kepala tools apa saja yang bisa dipake untuk bikin startup. Google Developers merilis resource online Google Developers Startup Launch sebagai langkah awal mewujudkan hal tersebut.

Peserta dari Binus Internasional lagi memperkenalkan diri dan presentasi ide startupnya

Nah, juga dalam rangka perubahan format komunitasnya Google, GDG Jakarta dan GBG Jakarta dipilih untuk menjalankan sebuah pilot project berupa 2 weeks event untuk membangun startup. Ya kalo yang sudah sering dengar, ini sejenis dengan kegiatan Startup Weekend. Setelah diskusi panjang, akhirnya Alpha Leap, dipilih sebagai nama untuk project ini.

Networking dulu sebelum mulai

Bentuk kegiatan Alpha Leap ini semacam mentoring untuk berbagai topik, seperti mengenai visioning bikin startup, gimana cara milih co-founder yang baik, membuat formasi tim, perencanaan bisnis model hingga belajar design sprint, metode bikin design aplikasi dengan cepat.

Mas Waizly, CEOnya MArketeer Magazine

Yang menjadi mentornya adalah para penggiat startup digital yang sudah lebih dulu mencicipi berbagai liku membangun startup dari nol. Ada Benny, CEO Kreavi, Waizly Darwin, CEO Marketeers Magazine dan masih banyak lagi. Konten yang menurut saya paling insightful dan baru adalah materi dari Mas Waizly mengenai marketing toolkit, saya jadi tau kalo misal mau ngemarketing itu penting melakukan analisa yang mendalam dulu.

Ceria banget kan pas buka acara

Di project ini, saya menjadi koordinator untuk kepesertaan, ikut kontribusi di berbagai persiapan yang lainnya, juga jadi pembawa acara saat kegiatan.

Ciee seneng banget dapet kaos

Oh ya, Alpha Leap ini direncanakan akan juga diterapkan di negara lain. Tim di Kibar sedang mempersiapkan toolkit dan guidebooknya untuk bisa disebar ke berbagai kota dan negara di Indonesia. Keren ga tuh? Mudah-mudahan dilancarkan ya persiapannya! Amin.


Designed By Seo Blogger Templates