Monday, July 14, 2014

Sutisnamulyana.com: Alamat Baru, Semangat Baru?


Kira-kira dua tahun yang lalu, akhirnya kesampean punya domain pribadi. Nama domainnya lebay sih. Gue aja keheranan kenapa milih domain titiskaifa.me. Padahal sama sekali ga ngedefine gue. Domainnya mahal lagi!

Tahun ini, gue kelupaan untuk perpanjang itu domain.  Sampe akhirnya di override sama orang lain dan ga bisa gue perpanjang. Awalnya sedih sih, karena domain itu udah gue sebar kemana-mana. Setelah meresapi kesedihan #eahh berbulan-bulan, akhirnya gue memutuskan untuk beli domain baru, dan itu adalah... sutisnamulyana.com.

Domain yang baru ini, lebih ngedefine gue karena pake nama sendiri dan bukan nama alay. Udah tobat ye!

Ini domain sebetulnya udah dibeli beberapa bulan yang lalu, tapi masih belum dipake. Domain yang dulu, biasanya gue pake buat ngulik kalo lagi bikin sesuatu, kaya chrome extension atau tool kecil-kecilan. Tapi karena sekarang jarang ngulik, gue putuskan untuk pake domainnya buat ini blog.


Alamat Baru, Semangat Baru?
Mudah-mudahan lah, dengan domain yang lebih branded ini gue jadi lebih rajin lagi belajar menulis. Belajar mengikat ilmu dengan menuliskannya, dan mencurahkan lewat rangkaian paragraf.

Salah satu prestasi terbaik yang gue tulis di proposal hidup gue adalah menerbitkan buku, yang dapat memberikan inspirasi kepada banyak orang. Menulis blog secara tertatur adalah ikhtiar gue untuk mewujudkan hal tersebut. Mudah-mudahan istiqomah yah jamaah!

Btw, ini blog post pertama gue yang pake kata ganti orang pertamanya "gue", bukan "saya" yang biasa gue pake. Alasannya sih supaya ga terlalu serius, karena postnya juga kaga serius!


Ganti Domain di Blogger Cetek!
Gampang banget, tinggal ngisi domain baru di kolom diatas

Platform untuk blog yang gue pake adalah Blogger. Di blogger, kalo lo mau customize domain gampang banget. Tinggal masuk ke menu pengaturan, lalu tinggal masukan domain yang diinginkan. Tentu saja domain yang sudah lo punya.

Langkah selanjutnya adalah menambahkan CNAME pada pengaturan DNS di Cpanel domain lo. Abis itu tinggal nunggu maksimal 24 jam hingga domain lo mengarahkan ke blog yang dimaksud.

Hal penting yang harus diperhatikan saat melakukan perubahan url/domain di blogger adalah, akan hilangnya comment pada posting lo, jika comment system yang lo pake diintegrasikan dengan Google+. Alhasil, semua pujian dan cacian di post gue ilang semua dahh!

Tertarik untuk customize domainnya? Cek lengkapnya di sini deh.


Designed By Seo Blogger Templates