Sunday, July 27, 2014

Kisah Koko yang Menjadi Imamnya Umat


Pindah kerja ke Jakarta, membuat saya mendapatkan pengalaman baru yang macem-macem. Mulai dari kerjaannya yang lebih non-teknis, dinamika kerja yang demikian cepat, hingga dituntut untuk bisa multi tasking mengerjakan beberapa project sekaligus. Hal berbeda yang saya rasakan, juga adalah mengenai orang-orang baru di sekeliling saya.

Jika di pekerjaan sebelumnya lebih didominasi oleh laki-laki, justru kini sebaliknya. Di sini, timnya lebih banyak perempuan, laki-lakinya hanya 4 orang, ditambah koh Yansen. Jika sebelumnya mayoritas berasal dari etnis Sunda, kini berasal dari banyak suku etnis di Indonesia, ada yang Jawa, Sunda dan Tionghoa. Jika sebelumnya setiap waktu shalat berjamaah selalu berbondong-bondong ke masjid, kini hanya beberapa orang saja. Di tempat ini, tercermin jelas bagaimana "Unity in Diversity" berjalan dengan baik.

Ini adalah kali pertama saya bekerjasama secara langsung dengan cici-cici cantik dan koko-koko inspiratif. Saya kaget! Saya menemukan beberapa konsep islam yang dijalankan oleh mereka, seperti berbagi dan bermanfaat untuk orang banyak. Saya malu! Mereka menjalankannya dengan berapi-api, dimana mungkin kebanyakan muslim masih belum sebegitu berapi-apinya dalam hal berbagai dan bermanfaat untuk orang lain.

Any way, ada juga 3 koko muslim yang tak kalah Inspiratif. Kenapa inspiratif? Karena mereka adalah mualaf yang menjalankan konsep Islam dengan berapi-api. Mereka mengkaji hadist dan menghalfal Al-Quran. Saya yang berojol udah Islam aja kagak punya hafalan, malu lagi kan?

Koko inspiratif tersebut adalah M. Syafii Antonio, Felix Siaw dan Koko Liem.

M. Syaffi Antonio
Sumber: Dokumentasi pribadi Pak Syafii




Awalnya saya kenal pak Syafii saat beliau menjadi narasumber di salah satu acara ekonomi syariah di Metro TV. Saya tertarik dengan topik-topik yang dibahas, karena belum pernah tahu mengenai apa itu ekonomi syariah and why I should care. Dampak dari nonton tuh acara TV, saya jadi buka rekening di bank syariah dan ga mau pake bank non-syariah. Meskipun pada akhirnya nyerah karena orang keuangan kantor selalu ga mau transfer gaji ke rekening saya, karena mereka pake bank non-syariah.

Saya semakin kenal pak Syafii saat beliau menjadi juri kompetisi dakwah. Dari situ saya tahu kalo dia juga bikin ensiklopedia  lengkap mengenai Rasulallah SAW. Pengen banget deh punya ensiklopedianya! Sayang harganya sangat eksklusif, makanya belum kesampean aja. Saat ada seminarnya di Bandung, saya juga sempatkan hadir untuk ketemu langsung dengan beliau.

Sebelum memutuskan masuk islam, pak Nio Cwan Chung (nama lahirnya) ini melakukan perbandingan agama melalui sejarah, alamiah dan nalar. Dia memilih Islam sebagai agama yang paling cocok untuknya. Menurutnya, ajaran Islam juga memiliki system nilai yang sangat lengkap dan komprehensif, meliputi system tatanan akidah, kepercayaan, dan tidak perlu perantara dalam beribadah. Dibanding agama lain, ibadah dalam islam diartikan secara universal. Artinya, semua yang dilakukan baik ritual, rumah tangga, ekonomi, sosial, maupun budaya, selama tidak menyimpang dan untuk meninggikan siar Allah, nilainya adalah ibadah.

Cek biografi lengkapnya di sini.


Felix Siauw
Sumber: Youtube

Saya sebetulnya ga terlalu ngikutin tausiyah nya, hanya saja saya semakin mengenalnya lewat buku-bukunya yang banyak bahas soal berhijab dan menikah muda. Ada satu bukunya yang pengen saya baca, yaitu soal Al-Fetih dan cerita penaklukan konstantinopel. Cek cerita masuk islamnya di sini.


Koko Liem
Sumber: Pikiran Rakyat Online



Koko yang satu ini selalu tampil dengan baju khasnya. Yang bikin saya suka sama tausiyahnya, karena menggabungkan dengan trik-trik a la ilusionis. Ya seperti kebanyakan cerita mualaf, koko ini juga sempet diusir dari rumahnya karena keluarganya ga setuju. Cerita masuk Islamnya Koko Liem bisa dicek di sini.

Dari setiap mereka, ada nilai bisa kita ambil. Terutama soal semangatnya mempelajari  konsep Islam. Mudah-mudahan mendorong kita (terutama saya) untuk terus haus akan ilmu.



Designed By Seo Blogger Templates