Saturday, June 21, 2014

Code for Vote Challenge 2.0: Kontribusi Developer untuk Pemilu 2014!



Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden adalah event yang sangat penting untuk rakyat Indonesia. Betapa tidak, hanya dalam satu hari saja nasib bangsa ini ditentukan.

Dalam rangka menyambut pesta demokrasi ini, Perludem dan GDG Jakarta menginisiasi Code for Vote Challenge 2.0 untuk mengajak para developer aplikasi untuk membuat sebuah karya yang bertujuan membantu para pemilih mengenal calon presiden dan wakil presiden.

Langkah yang dilakukan perludem dan GDG menurut saya sangat tepat, karena pada pemilu kali ini, 40% diantaranya adalah pemilih muda & pemula. Seperti saya sendiri, ini adalah pemilu presiden pertama saya. Maka diperlukan sebuah informasi yang dikemas dalam bentuk web/apps, sesuai dengan trend kekinian.


Big Enthusiast!
Sejak diumukan mengenai kompetisi ini, kurang lebih ada 107 tim yang mendaftar. Angka segitu menurut saya sudah cukup membuktikan bahwa antusiasi para developer Indonesia sangat tinggi.

Antusiasnya mereka mudah-mudahan tidak hanya didorong oleh hadiahnya saja, tapi juga memang benar-benar ingin berkontribusi untuk bangsa.


Demo Day!
Tim Akupilih.com dari Yogyakarta sedang ngoding

Yang hadir pada demo day 14 Desember 2014 lalu adalah 62 peserta terpilih yang sebelumnya telah diseleksi dari ratusan pendaftar. Peserta yang datang berasal dari berbagai kota besar, diantaranya dari Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta dan Surabaya.

Kegiatan yang dipandu oleh mas Yohan Totting ini dibuka oleh Bu Titi Anggraini dari Perludem, Putri Izzati dari GDG Jakarta, Shinto Nugroho perwakilan dari Google Indonesia dan Amit Chopra selaku Developer Relation dari Google Singapore.

Amit Chopra, Developer Relation SEA dari Google Singapore sedang memberikan sambutan


Pada kegiatan demo day ini, juri melakukan review terhadap aplikasi mereka. Kemudian peserta bisa melakukan beberapa perbaikan sebelum tim juri memberikan penilaian.

Setelah juri melakukan penilaian dan mengumumkan peserta yang masuk 16 besar, peserta terpilih melakukan presentasi aplikasinya. Kemudian juri memberikan komentar terhadap hasil akhir dari karya yang dipresentasikan.


The Winners!
Juara pertama diraih tim Ice Barbel dari Bandung dengan aplikasi Pemiluman-nya

Setelah semua peserta terpilih melakukan presentasi, daaannn... inilah pemenang dari kegiatan Code for Vote Challenge 2.0. Selamat ya untuk para pemenang! Apalagi untuk pemenang pertama akan jalan-jalan gratis ke kantornya Google di Singapore. Woho!

Pemenang pertama diraih oleh tim Ice Barbel dengan aplikasi berbasi Android, yaitu PemilumanPemimpin Kita, website yang menggunakan Google Cloud Platform berhasil meraih juara kedua. Ayo Nyoblos yang merupakan karya temen-temen FemaleDev ini berhasil meraih juara tiga sekaligus best all female team. Pelita dan Analisis Capres 2014 berhasil meraih posisi runner up satu dan dua.

Silahkan download aplikasi diatas melalui Google Play. Beberapa dari aplikasi di atas berbasis web, sehingga kamu tidak perlu download, hanya tinggal mengaksesnya.


Press Conference
Pak Rudy Ramawy sedang memberikan sambutan

Pada 19 Juni 2014 yang lalu, seluruh pemenang juga diundang untuk menghadiri press conference yang diadakan di Media Center Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ini kali pertama saya masuk ke kantor KPU, kalo sebelumnya hanya nonton lewat tipi aja.

Sebetulnya pada kegiatan yang ini, saya tidak wajib datang. Tapi karena penasaran akhirnya datang dan mendakak menjadi photografer daripada tidak ada kerjaan sama sekali. Haahaa


I was part of this initiative!

Saya ikut bergabung menjadi bagian dari initiative ini dan mempersiapkan sebelum kegiatan, pada saat kegiatan dan sesudah kegiatan. Waktu persiapannya ga banyak sih, makanya deg-degan banget kalo misalnya peserta yang submit tidak mencapai target yang kita harapkan. Tapi ternyata alhamdulillah banyak yang submit!

Dari berbagai persiapan yang menguras hati waktu, pada saat pengumuman dan para pemenang naik ke panggung, saya merasa ikut bangga menjadi bagian dari perjalanan mereka. Pecah! Akhirnya selesai juga. Hehe



Designed By Seo Blogger Templates