Sunday, March 16, 2014

Google Partners Academy: Jadi Agency Dadakan!

Saat pertama kali diinformasikan bahwa Kibar akan menyelenggarakan Google Partners Academy, saya langsung penasaran dan menjanjikan kepada diri sendiri untuk terlibat di kegiatan tersebut. Kenapa ya? Penasaran aja! Karena ini seperti sesuatu yang baru yang bisa saya pelajari dari Google.

Kegiatannya dilaksanakan di Art Hotel Jakarta pada tanggal 4 Maret 2014. Kegiatan ini diselenggarakan atas kolaborasi Kibar dan Adspecta, sebuah perusahaan konsultan digital yang dirintis oleh Mbak Novita Jong yang notabene adalah Ex-Googler yang berkantor di Singapore.


Tempatnya Oke Beud!
Sebetulnya alasan lain untuk kekeuh mau hadir di kegiatan ini adalah karena kegiatannya dilaksanakan di Art Hotel yang menurut saya konsep dari hotelnya sangat keren dan berbeda. Meskipun sebelumnya pernah singgah sebentar ke sini untuk cek ruangan, tapi rasanya belum puas sih kalo belum ubek-ubek dan kalo belum dapet foto selfie di semua spot yang keren #ehh

Peserta sedang makan siang! Di beberapa sudut ruangan juga ada muralnya.





















Sesuai dengan namanya, tempat ini menonjolkan kemegahannya lewat seni yang artistik. Tampak depan hotel ini dihias dengan mural dan interior yang unik.



Bekerja, Belajar dan Bermain
Karena memang ini adalah bagian dari pekerjaan, saya harus datang lebih awal dari peserta dan membantu menyiapkan beberapa hal. Membantu di meja registrasi dan support peserta saat sesi diskusi. Ya lumayan lah, hitung-hitung dapat tiket gratis untuk bisa ikut training yang tarifnya lumayan besar untuk tiap sesinya (untuk partner Google diskon 90%).

Persiapan di meja registrasi sebelum kegiatan dimulai, bantu Mbak Kiki dan Mbak Cahya


Disela istirahat, saya sempatkan bermain untuk menelusuri beberapa spot menarik di tempat tersebut. Di lift, di ruang kosong menuju toilet sampai di toiletpun design interiornya keren banget. Tapi sayang, kebanyakan hotel yang pernah saya temui tidak begitu memperhatikan tempat ibadah, termasuk disini. Ruangannya besar sih, tapi ekspektasi saya ruangannya sekeren ruangan lain. Tapi yaudahlah ya!


Jadi Agency Dadakan
Peserta dari kegiatan ini adalah orang-orang perwakilan dari agency iklan yang sudah atau akan mulai menjadi Google Partners. Karena berhubungan dengan iklan, tentu saja produk Google yang dibahas juga seputar iklan, yaitu Google AdWords, Google Display Nework, Mobile Ads dan Youtube Ads.

Setelah bertugas di awal kegiatan, saya langsung menjadi peserta dadakan, menjadi agency dadakan berbaur dengan peserta lainnya sambil tetap bertugas menjadi kuncen microphone untuk memastikan peserta dapat melontarkan pertanyaannya denga suara lantang.

Materi yang disampaikan oleh Mbak Novita adalah seputar best practices yang diharapkan dapat diikuti oleh (calon) Google Partners agar dapat memaksimalkan campaign yang dibuat menggunakan tools dari Google Ads.

Saya buka website Google Partners ko. Bukan yang lain!

Meskipun belum terlalu banyak tahu soal Google Ads, materi yang disampaikan Mbak Novita sangat mudah dimengerti dan jelas. Untuk peserta yang sudah terbiasa dengan Adwords, mereka malah lebih asyik ngotak-ngatik dashboard Adwords ketimbang memperhatikan ke depan. Mungkin materinya terlalu basic kali ya untuk dia (lirik samping).

Secara keseluruhan konten acaranya menarik dan sempat terlintas dipikiran saya untuk mendalami Adwords. Karena saya yakin tools ini akan semakin banyak digunakan orang dan ya supaya ketika nanti punya usaha sendiri sudah mahir buat digital campaign pake Adwords.

Godaan terbesar dari kegiatan ini adalah kantuk yang tak kunjung pergi karena hasil bergadang di malam harinya. Kebiasaan dasar!




Designed By Seo Blogger Templates