Monday, October 28, 2013

Mengintip Moma, Intranetnya Google

Sebagai Google Student Ambassador, kita harus melakukan pelaporan setiap event/kegiatan yang dilakukan. Tapi sudah beberapa minggu ini, portal laporan tersebut tidak bisa diakses sehingga ada beberapa event saya seperti Google+ Batiknisasi Challenge dan Library+ Weeks yang belum dientry di portal tersebut. Agak geregetan sih, karena kalo belum tuntas seperti itu rasanya ada yang mengganjal. hehe

Semalam saya menerima email balasan dari NeeKhern C. (Program Manager Google Student Ambassador Program, South East Asia) mengenai kegiatan terbaru saya yaitu Welcoming Muharram yang baru saja disetujui. Sejak portal pelaporan tidak bisa diakses, beliau menambahkan informasi tersebut beserta link portal di signature emailnya. Saya iseng klik link menuju ke portal tersebut.

Tebak apa yang saya dapatkan? Tidak seperti biasanya, saya mendapatkan tampilan login Moma!

Di bawah tulisan Moma, ada tulisan inside Google. Saya langsung berfikir ini adalah aplikasi internal Google dan mungkin tidak sengaja ditampilkan oleh salah satu Googler(sebutan untuk karyawan Google) yang sedang memperbaiki portal pelaporan untuk Google Student Ambassador.

Berdasarkan informasi yang saya dapat dari arsip blog Google Blogoscoped tahun 2007, Moma adalah sebuah intarnet di Google. Sederhananya, Moma adalah sebuah aplikasi berbasis web yang dibuat untuk kebutuhan internal di Google.

Di bagian footer Moma, dituliskan misi dari aplikasi ini yaitu “Organize Google’s information and make it accessible and useful to Googlers.”. Dari misinya saja sudah menjadi jelas apa kegunaan dari Moma ini. Yang sampai saat ini belum jelas adalah arti dari kata Moma yang dipakai oleh Google untuk aplikasi ini.

Homepage Moma, Sumber: http://goo.gl/hMFLJD
Lalu apa saja yang bisa dilakukan di Moma? Masih data dari Google Blogscoped yang mereka kutip dari blognya Doug Edwards (Xoggler/mantan karyawan Google yang juga penulis buku I'm Feeling Lucky ), bahwa dengan menggunakan Moma mereka dapat melakukan pencarian data karyawan, status project yang sedang dikerjakan dan berita internal terbaru.

Data karyawan disajikan komplit dengan daftar nomor telepon, email dan project yang sedang/pernah/akan dikerjakan. Untuk sebuah perusahaan sebesar Google yang karyawannya ribuan dan tersebar di seluruh dunia, aplikasi seperti ini memang sangat diperlukan.

Kalo suatu saat saya punya aplikasi internal untuk perusahaan, saya akan kasih nama Bopa saja ah. Bagaimana dengan kamu? :)


Designed By Seo Blogger Templates