Friday, October 25, 2013

Inilah yang Paling Populer di Google+



Sejak pertama kali dirilis pada tahun 2011, Google+ mengalami perkembangan pengguna aktif yang cepat (sekarang menggeser twitter). Bahkan berdasarkan studi yang dilakukan oleh Search Metrics, diperkirakan pada tahun 2016, Google+ akan membabat habis tahta Facebook sebagai rajanya social media hingga saat ini.

Pertumbuhan Google+ di Indonesia, mulai semakin terasa ketika Pak Susilo Bambang Yudhoyono mulai aktif di Google+ dan sempat melakukan rapat koordinasi melalui Google+ Hangout. Tidak sampai disitu, program-program yang dibuat oleh Google Indonesia, seperti Share The Stage juga semakin menambah ramainya pertumbuhan Google+ di Indonesia.

Share The Stage sendiri adalah sebuah proyek hasil kolaborasi Google Indonesia dengan beberapa perusahaan rekaman seperti PT Warner Music Indonesia, PT Musica Studio’s, PT Sony Music Entertainment Indonesia, Majalah HAI dan Gen FM. Proyek ini menyasar segmentasi anak muda yang menyukai musik. Sasaran yang tepat dimana anak muda akan lebih adaptif terhadap platform social media yang masih terbilang baru seperti Google+.


Britney Spears, Primadona Google+

Britney Spears Populer di Google+
Berdasarkan data dari GPlusData, website yang menyediakan informasi komprehensif mengenai trends dan statistika yang terjadi di Google+, mencatat bahwa Britney Spears adalah orang yang paling banyak difollow di Google+. Tercatat sebanyak 7.996.413 yang menambahkan Britney Spears ke dalam lingakarannya. Sedangkan posisi kedua ditempati Lady Gaga dengan jumlah followers sebanyak 7.868.641.

Duo Google Guys, yaitu Larry Page dan Sergey Brin juga masuk ke dalam jajaran 20 besar orang yang paling banyak difollow. Larry Page berada si posisi ke-3 sedangkan Sergey ada diposisi ke-19.

Pada GPlusData, selain informasi orang yang paling banyak di follow, juga ada informasi mengenai page yang paling sering difollow, page yang pertumbuhan followernya paling cepat hingga Google+ Community dengan member terbanyak.


Bagaimana di Indonesia?

Jika Britney Spears adalah orang yang paling banyak difollow di Google+, lalu siapa orang Indonesia yang paling banyak difollow di Google+ ? Apakah juga selebritis seperti Britney?

Ternyata tidak! Adalah Enda Nasution yang menjadi orang Indonesia yang paling banyak di follow. Beliau adalah blogger senior yang sudah memulai blogging di tahun 2001. Meskipun bukan selebritis seperti Britney, beliau terkenal karena sering mengisi berbagai seminar dan workshop. Tidak heran kalo begitu jika kang Enda Nasution menjadi yang paling banyak difollow.

Jajaran 20 besar (di Indonesia) didominasi oleh blogger dan praktisi dunia digital seperti Daniel Tumiwa (Penggiat E-Commerce), Benazio Rizki (Blogger), Natali Ardianto (Co-Founder Tiket.com), Christian Sugiono (Founder MalesBanget.com). Sedangkan Pak Susilo Bambang Yudhoyono masih betah di posisi 14 (makin lama makin mirip VJ MTV nih gue. Hehe)

Terlihatkan pertumbuhan Google+ di dunia maupun di Indonesia? Siapkan diri kamu untuk tidak ketinggalan bersosial di social media masa depan.

Posting ini sudah pernah dipublikasikan untuk Blognya Google Student Ambassador Bina Sarana Informatika.


Designed By Seo Blogger Templates