Saturday, October 26, 2013

Google Hummingbird? Algoritma Apalagi Ini?

























"You give me that hummingbird heartbeat. Spread my wings and make me fly." - Katy Perry, Hummingbird Heartbeat

Ketika pertama kali mendengar bahwa Google melakukan perbaharuan(lagi) pada algoritma pencariannya, yang langsung terpikir di benak saya adalah penggalan lirik Hummingbird Heartbeat-nya Katy Perry.

Setelah sebelumnya Google juga memperkenalkan algoritma Panda yang mengingatkan saya kepada film animasi Kungfu Panda dan Penguin yang mengingatkan saya kepada film animasi Happy Feet. Yang menjadi pertanyaan adalah, binatang apa lagi yang akan digunakan oleh Google pada alrogritma selanjutnya? Oke, abaikan dulu pertanyaan tersebut karena saya tidak akan bahas binatang disini. Hehe

Apa itu Algoritma Pencarian?

Sederhananya, algoritma pencarian adalah sebuah mekanisme yang digunakan oleh mesin pencari Google untuk mengumpulkan informasi dari miliaran halaman web dan mengurutkannya berdasarkan informasi yang dirasa paling sesuai dengan kebutuhan pengguna. Jika semisal kita mengetikan "Sumedang" (nama kampung halaman saya anyway. hehe) pada isian pencairan, maka Google akan mengumpulkan web yang relevan dengan "Sumedang", mengurutkannya lalu menampilkannya ke pengguna.

Sumedang Tandang Nyandang Kahayang


















Google Hummingbird, Sang Penjawab

Pada ulang tahunnya yang ke-15, Google mengumumkan algoritma pencariannya yang baru, yang disebut dengan algoritma Hummingbird. Google mengatakan bahwa pada algoritma yang baru ini, mereka ingin memberikan hasil pencarian berdasarkan makna dari query yang ditulis secara keseluruhan ketimbang mengartikannya per-kata. Yang kemudian algoritma ini bisa kita sebut dengan Conversational Search.

Semisal ketika kita mengetikan query pada Google, "Dimanakah tempat terdekat untuk membeli Nexus?". Dengan algoritma sebelumnya, mesin pencari mungkin akan terfokus pada kata "tempat" atau "nexus". Jika pertanyaan itu dilontarkan kepada manusia, maka jawabannya adalah suatu tempat yang menjual Nexus.

Google mencoba melakukan pedekatan tersebut. Pendekatan yang lebih human firendly pada hasil pencairannya.

Tanya Google Saja!

Hasil pencairan Manchester United

















Seiring dengan algoritma baru yang sudah mulai Google gunakan pada bulan lalu, ada beberapa hal baru yang juga bisa kamu coba. Semisal dengan gadget jadwal pertandingan NBA, Premier League, Manchester United atau Formula 1. Ketikan saja kata kunci tersebut, maka Google tidak hanya akan menampilkan hasil pencairan, tapi juga gadget berupa jadwal pertandingan. Kini Google bukan hanya sekedar mesin pencari, tapi juga mesin penjawab, right?

Lalu apa keuntungan perbaharuan algoritma ini untuk kita sebagai pengguna mesin pencari Google? Tentu saja pada kualitas konten yang akan kita dapatkan teman. Kita tidak harus terlalu dipusingkan dengan munculnya hasil pencarian yang tidak berkualitas!


Sumber:

Posting ini sudah pernah dipublikasikan untuk Blognya Google Student Ambassador Bina Sarana Informatika.



Designed By Seo Blogger Templates